Inilah Perbedaan HTML dengan PHP, Programmer Pemula Harus Tahu

Inilah Perbedaan HTML dengan PHP, Programmer Pemula Harus Tahu

Beberapa programmer pemula tentu belum tahu betul perbedaan HTML dengan PHP. Keduanya memang sama-sama bahasa pemrograman dasar untuk mendesain situs website. Sebelum Anda belajar tentang bahasa pemrograman lain, maka setidaknya programmer pemula harus paham tentang apa itu HTML dan PHP.

Sebab, koding-koding dari HTML dan PHP ini memudahkan Anda untuk mempelajari bahasa pemrograman lain seperti Java, C++, hingga Phyton. Meskipun sekilas koding dari HTML dan PHP ini cukup mirip. Namun kedua bahasa pemrograman tersebut memiliki perbedaan cukup mencolok.

Pengertian HTML dan PHP dalam Dunia Pemrograman

HTML atau Hypertext Markup Language ini berfungsi untuk membantu developer dalam membuat kerangka situs website. Dengan koding-koding tertentu, maka tampilan website akan mengikuti koding yang diinput.

HTML menjadi bahasa pemrograman dasar yang wajib dipelajari. Dan kini, HTML pun dapat dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain seperti CSS dan JavaScript. Sehingga tampilan website akan lebih menarik untuk dikunjungi visitor.

Sedangkan, PHP atau Hypertext Preprocessor ini berfungsi sebagai koding untuk menyimpan data, menghitung atau mengkalkulasi, dan fungsi lainnya. Sehingga perbedaan HTML dan PHP ini cukup mencolok.

Kedua bahasa pemrograman dasar ini wajib dipelajari oleh programmer pemula. Dengan menguasai kedua bahasa pemrograman dasar, maka Anda bisa dengan leluasa mengembangkan situs website yang diinginkan oleh visitor.

Perbedaan HTML dengan PHP yang Wajib Diketahui Programmer Pemula

Memang, secara bahasa pemrograman, HTML dan PHP ini tidak memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hanya saja, ada beberapa perbedaan yang harus Anda pelajari sebelum menjadi developer website. Inilah daftar perbedaan HTML dengan PHP yang harus diketahui, yakni :

1.      Fungsi Koding

Perbedaan pertama ada pada fungsi koding. HTML ini lebih fokus pada pembuatan kerangka desain situs website. Sedangkan PHP ini lebih fokus untuk menyimpan data hingga membuat alur web aplikasi.

2.      Penampilan Koding dalam Website

Perbedaan HTML dengan PHP yang selanjutnya ada pada penampilan koding. Koding HTML ini menjadi satu bagian dengan koding CSS dan JavaScript ketika Anda mengakses salah satu fitur website.

Sedangkan, koding PHP ini tidak terlihat. Sebab, fungsinya hanya menyimpan data serta mengkalkulasi bilangan. Seperti contoh, koding PHP akan secara otomatis menjumlah biaya belanja di website toko online.

3.      Jenis Koding

Untuk jenis koding, HTML dan PHP ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Koding HTML ini bersifat statis. Artinya, koding HTML tidak pernah berubah kecuali Anda mengedit koding tersebut.

Sedangkan, koding PHP ini bersifat dinamis. Artinya, koding PHP dapat merubah tampilan website tanpa Anda mengubahnya. Hal ini disebabkan karena PHP menggunakan koding yang tersimpan dalam database website.

4.      Kemudahan Dalam Penulisan Koding

Perbedaan HTML dengan PHP yang selanjutnya ada pada penulisan koding.. Untuk HTML, penulisan koding dirasa lebih simpel dan mudah dipelajari. Sedangkan untuk PHP, koding-kodingnya terasa lebih kompleks. Anda harus hafal koding PHP karena kesalahan kecil akan berakibat fatal pada situs website yang tengah dikelola.

Manakah Bahasa Pemrograman yang Wajib Dipelajari Terlebih Dahulu?

Setelah Anda mengetahui perbedaan HTML dengan PHP, maka Anda juga harus paham manakah bahasa pemrograman yang wajib dipelajari terlebih dahulu. Memang, keduanya sangat penting. Namun, Anda disarankan untuk mempelajari koding HTML.

Sebab, koding-koding HTML ini menjadi dasar dari koding PHP. Selain itu, koding HTML ini tetap terbaca meskipun ada kesalahan dalam penulisannya. Sedangkan, koding PHP tidak bekerja jika ada kesalahan dalam penulisannya.

Untuk dapat mendesain situs website, programmer wajib menguasai tentang HTML dan PHP terlebih dahulu. Sebab, keduanya adalah materi dasar tentang bahasa pemrograman dalam membangun desain website. Akan tetapi, Anda juga wajib mengetahui perbedaan HTML dengan PHP terlebih dahulu.

Pada dasarnya HTML dan PHP adalah dua bahasa dan fungsi pemograman yang berbeda. Meskipun demikian keduanya sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin belajar pemograman. Simak terus artikel menarik dari kami melalui ninedragonlabs.com atau anda bisa tanyakan langsung melalui contact person WA/SMS/Call +62 882 3288 3955

Share

All countries
177,105,201
Total confirmed cases
Updated on June 15, 2021 1:51 pm
Italy
4,245,779
Total confirmed cases
Updated on June 15, 2021 1:51 pm
Spain
3,741,767
Total confirmed cases
Updated on June 15, 2021 1:51 pm
Iran
3,049,648
Total confirmed cases
Updated on June 15, 2021 1:51 pm
Germany
3,724,201
Total confirmed cases
Updated on June 15, 2021 1:51 pm

Latest Updates

Frequently Asked Questions

Related Articles

Daftar Aplikasi Mobile Terlaris yang Dikembangkan Oleh Developer Semarang

Daftar Aplikasi Mobile Terlaris yang Dikembangkan Oleh Developer Semarang Ada beberapa aplikasi mobile terlaris yang...

Trans Semarang, Aplikasi yang Wajib Didownload Pengguna Bus

Trans Semarang, Aplikasi yang Wajib Didownload Pengguna Bus Trans Semarang mobile menjadi salah satu aplikasi...

Tips Membuat Aplikasi Mobile untuk Kepentingan Bisnis Online

Tips Membuat Aplikasi Mobile untuk Kepentingan Bisnis Online Kini, banyak perusahaan besar mulai membuat aplikasi...

Inilah Perbedaan HTML dengan PHP, Programmer Pemula Harus Tahu

Inilah Perbedaan HTML dengan PHP, Programmer Pemula Harus Tahu Beberapa programmer pemula tentu belum tahu...
× let's discuss with us